Sabtu, 27 Desember 2008

Citrix MetaFrame

Mengenal Citrix MetaFrame

Citrix MetaFrame adalah solusi dalam menggunakan server based. Dengan Citrix MetaFrame Anda dapat mengakses atau menggunakan semua fasilitas atau program aplikasi yang berjalan di server dari komputer client dengan hak akses tertentu. Berbeda dengan program remote akses, pada remote akses program secara total mengambil alih pengendalian komputer dari komputer lain. Sementara Citrix membuat mapping di server untuk client sehingga Anda dapat menggunakan beberapa komputer (lebih 100 komputer) untuk mengakses aplikasi di server secara bersamaan tanpa mengganggu komputer lain. Salah satu kekuatan Citrix MetaFrame dibandingkan aplikasi lain adalah : komputer client tidak perlu memiliki spesifikasi hardware yang tinggi. Anda dapat menggunakan komputer tua (486 s/d P200) untuk mengakses aplikasi di server.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer sekarang ini sudah tersedia di pasaran beraneka ragam jenis hardware dan software komputer terbaru yang menawarkan segudang kecanggihan. Perkembangan ini begitu cepat sehingga komputer dengan hardware dan software yang tercanggih pada saat ini belum tentu akan bertahan menjadi yang terbaik minggu depan. Apakah pengguna akan mengikuti kecanggihan teknologi, jawabannya terserah pengguna. Jika pengguna memiliki dana berlebih, disarankan untuk mengupdate ke teknologi terbaru. Akan tetapi jika anggaran terbatas optimalkanlah teknologi yang dimilikii, terlebih lagi jika dalam institusi atau perusahaan mengelola komputer dalam jumlah banyak.

Citrix MetaFrame merupakan salah satu solusi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Dengan Citrix MetaFrame, Komputer Tua (486 sampai P200) akan mempunyai performance dan kemampuan setara dengan komputer Pentium 4, selain itu dengan penggunaan Citrix MetaFrame biaya dapat dihemat dari sisi lisensi software dan kemudahan installasi software (terutama Microsoft). Sebentar lagi era pasar bebas dan Cyber Law akan berlaku, software pun tak lagi mudah untuk digandakan. Citrix MetaFrame memberikan solusi optimalisasi hardware karena pengguna dapat menggunakan Hardware lama. Jika harga komputer Pentium 4 Rp. 4.000.000, berapa biaya yang harus disediakan jika harus mengupgrade puluhan bahkan ratusan komputer ? Oleh karena itu langkah terbaik adalah dengan mengoptimalkan PC lama dengan teknologi PC Clonning yang ditawarkan oleh Citric MetaFrame.

Keuntungan Manajemen

Beberapa keuntungan dalam penggunaan Citrix MetaFrame, di antanya :

§ Economy : Citrix MetaFrame memungkinkan penggunaan bersama-sama sebuah aplikasi pada satu processor. Ini sangat menghemat biaya untuk pembelian licensi software. Terlebih lagi untuk penggunaan dalam skala besar seperti dalam perusahaan.

§ Enterprise Scalability : dengan penggunaan teknologi Symmetrical Multiprocessing (SMP) pada Citrix MetaFrame server. Server Citrix MetaFrame dapat melayani ribuan client.

§ Extensive Connectivity : Citrix MetaFrame dapat berjalan pada network menggunakan media akses, kabel telepon, koneksi WAN (T1,T3.56Kb,X.25), maupun koneksi Broadband (ISDN, Frame Relay,ATM).

§ Single Point Application Management : Aplikasi-aplikasi pada server cukup diupgrade sekali untuk semua client.

§ End-to-End Management : Dengan Citrix MetaFrame seorang administrator dapat men-setup aplikasi, melihat active session, monitoring performance dan event, troubleshoot dan membuat laporan dari server. Citrix MetaFrame memberikan kepada Administrator untuk dapat menggunakan aplikasi management network seperti Microsoft System Management Server dan program SNMP.

§ Remote Administration : system administrator dapat melakukan Dial-Up ke Citrix MetaFrame Server untuk melakukan remote administration dan management

§ Remote support and Traning : Administrator melakukan remote komputer client, sehingga administrator dapat memberi dukungan dan training application program kepada user

§ Scamless Network integration : Citrix MetaFrame dapat terintegrasi denngan Netware, Windows NT, Novel dan beberapa PC Network, sehingga memberikan kepada Administrator Server kemudahan proses administrasi jaringan

§ Security : System keamanan Citrix MetaFrame memperbaiki system keamanan standard Windows 2000 dengan memberikan fasilitas tambahan dalam pengamanan files system.

Keuntungan pengguna

Dari sisi pengguna (end-user) Citrix MetaFrame memeberikan beberapa kelebihan, di antaranya :

§ Fast Application Access : Citrix MetaFrame memberikan solusi teknologi pengaksessan aplikasi lebih cepat dari program sejenis.

§ Local remote Transparency : memberi dukungan penuh dalam pengaksessan resource lokal seperti disk drive, CD-ROM, Printer dan Clipboard. Seperti layaknya Anda menggunakan sebuah system berdiri sendiri (bukan menggunakan Server-Based). User juga dapat melakukan aktivitas Cut dan Paste di antara lokal dan remote application, drag-and-drop untuk melakukan Copy Files.

§ Integrated Desktop

§ Easy Setup : Citrix MetaFrame memberikan kemudahan dalam proses installasi system. Dengan fasilitas wizard proses instalasi akan lebih mudah karena dukungan pendeteksian perangkat hardware.

§ 32-bit Windows Application Availability : Citrix MetaFrame dapat menjalankan aplikasi Windows 95 dari komputer client dengan spesifikasi processor 286 dan sistem operasi DOS.

Kelebihan Citrix MetaFrame 1.8

Berikut ini beberapa kelbihan yang dimiliki Citrix MetaFrame 1.8.

§ Program Neigborhood : sama seperti konsep network neigborhood. Program Neigborhood memberi kemudahan kepada client untuk mengelola aplikasi server-base yang digunakan.

§ SpeedScreen : SpeedScreen dibuat berdasarkan inteligent agent technology. Dengan teknologi ini dapat menekan / mengurang frekwensi transmisi antara client dan server. Sebagai perbandingan Citrix MetaFrame mengkonsumsi bandwidth kecil rata-rata 25-30% dari total packet yang ditransmisikan.

§ Installation Management Services (IMS) ready : Installation Management Services (IMS) memberikan kemampuan untuk mengkoordinasikan beberapa Citrix MetaFrame Server (Server Farm) dalam menjalankan aplikasi dan system secara terpusat.

§ Video Ready : dengan kemampuan Video Ready, Client dapat mengakses aplikasi server based dengan mode video sampai 32-bit.

§ ICA Browser Management : ICA Browser management merupakan perbaikan untuk Citrix Server Administration. Administator memiliki kemampuan untuk mengontrol browser parameter seperti backup ICA Browser, ICA Gateway dan meng update atau me refresh.

Citrix MetaFrame Client

Citrix MetaFrame mempunyai Client yang bervariasi sehingga published application (program aplikasi) yang terinstalasi pada server dapat diakses oleh beberapa mode windows dan system operasi yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah dukungan Citrix MetaFrame untuk client.

Windows 32-bit

Citrix ICA Client untuk Win32, mendukung penggunaan/pengaksessan Windows 95, Windows 98, Windows NT dan Windows 2000, serta menawarkan kelebihan untuk komputer client. Program Neihborhood memberikan kepada user untuk custom view dari published application.

Windows 16-bit

Citrix ICA Client untuk DOS mendukung penggunaan / pengaksessan Windows 3.11 dan Windows for Workgroups 3.11, serta mampu menjalankan aplikasi 32-bit.

DOS

Citrix ICA Client untuk Dos tersedia 2 mode yaitu mode 16-bit dan mode 32-bit. Mode 32-bit mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan mode 16-bit

Web Plug-In

Dengan Citrix ICA Client untuk Web, pengguna dapat menjalankan aplikasi Citrix MetaFrame Server melalui Web Browser dengan dukunagn ActiveX dan Netscape Plug-in.

Java

Citrix ICA Client untuk Java dapat menjalankan published application dalam mode applet dan application mode.

Macintosh

Citrix ICA Client Macintosh, mendukung penggunaan system macintosh 7.1 atau sebelumnya.

UNIX

Citrix ICA Client untuk UNIX mendukung beberapa versi Linux, SCO, Digital UNIX, HP-UX, IBM AIX, SGI IRIX dan Sun Solaris ebagai client.

Windows CE

Citrix ICA Client untuk windows CE mempunyai kemampuan sama dengan client desktop. Perbedaannya hanya pada dukungan perangkat sesuai dengan pabrik pembuatnya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai product yang tersedia, silahkan Anda mengakses Web site http://www.citrix.com.

Citrix MetaFrame Service

Citrix MetaFrame menawarkan beberapa variasi sebagai penambahan fasilitas server yang telah ada untuk memperbaiki scalability dan manageability.

Selain kelebihan di atas Citrix MetaFrame mempunyai beberapa service yang sangat penting dalam operasional, di antaranya :

§ Load Balancing Services : Load Balancing Services memberikan Anda kemampuan untuk mengkoordinasi Single MetaFrame Server ke dalam Multi Server Farm. Dengan Load Balancing Anda dapat menampilkan program aplikasi pada komputer yang berbeda subnet dalam Citrix MetaFrame Server Farm, ketika ICA Client menjalankan remote session pada Citrix MetaFrame Server. User secara otomatis terkoneksi ke server yang tidak terlalu sibuk di antara server lainnya dalam server farm. Dengan Load Balancing Services, akan dapat dilakukan :

  1. Balance application load (pengaturan beban koneksi ) antara MetaFrame dan Server WINFRAME .
  2. Mengatur kriteria yang digunakan untuk menentukan beban server.

§ SecureICA Services : SecureICA Services berisi kemampuan dalam memperbaiki security/keamanan data. SecureICA Services menggunakan RC5 encryption algorithma dari RSA data security Inc. Citrix MetaFrame server dan Citrix MetaFrame ICA Client menggunakan Diffie-Hellman key agreement algorithm dengan kunci 1024 bit untuk membuat kunci RC5.

§ DirectICA Services : Citrix DirectICA for metaframe mempunyai kemampuan untuk multi-VGA adapters untuk Citrix MetaFrame Application Server for Windows. Multi-VGA adapters (atau disebut juga multiconsole adapther) adalah peralatan hardware yang berisi beberapa VGA video adapther dengan penambahan kemampuan processing video

§ Installation Management Services : Installation Management Services memberikan kemampuan untuk proses installasi beberapa server dalam server farm dari satu server tanpa intervensi manual. Instalasi aplikasi pada server farm dapat dilakukan tanpa memperhatikan lokasi, tipe network koneksi dan hardware setiap server yang ingin diinstalasi.

§ Resource Management Services (RMA) : Citrix Resource Management Services adalah aplikasi dan system management yang didesain khusus untuk Citrix Server. RMA menyediakan semua kemampuan management untuk analyzing dan tuning MetaFrame, WINFRAME, terminal server dan system Windows 2000.

§ VideoFrame : VideoFrame menyediakan dukungan streaming video yang disesuaikan dengan kapasitas bandwidth pada ICA Client.

2 komentar:

  1. nice info gan thank's

    BalasHapus
  2. sebaliknya citrix juga bisa digunakan untuk oleh client user untuk menguasai SERVER secara penuh. persis seperti kinerja TighVNC.

    BalasHapus