Minggu, 28 Desember 2008

Protocol Internet Telephony

Beberapa Protocol dalam Internet Telephony

Telepon internet digunakan sebagai sebuah jalan untuk mneingkatkan point-to-point transport suara antara dua host IP, utamanya untuk mengganti pemakaian telepon internasional yang mahal.

Layanan yang diberikan tidak hanya untuk konferensi , call control, multimedia, dan mobilitas tetapi layanan baru yang sudah terintegrasi dalam bentuk website, Email, dan aplikasi instant messaging dengan telepon. Kejadian tersebut dapat diilustrasikan sebagai sebuah IP telepon yang terintegrasi memanggil.

Protokol Signal

Protokol signal merupakan jantung dari internet telepon, ada beberapa aturan yang dipakai diantaranya:

Lokasi user.

Jika user A ingin berkomunikasi dengan user B, pertama yang dibutuhkan adalah menemukan dimana user B berada dalam suatu jaringan. Fungsi ini adalah untuk mengetahui lokasi user. User-user dapat berbeda tempat .

Sesi Establish

Protokol signal akan memanggil untuk menerima call, menolak atau meneruskan ke user lain, voicemail atau website.

Sesi Negoisasi

Sesi multimedia di setup dapat berkoneksi denagn berbagai stream media yang berbeda, termasuk didalamnya audio, video, dan share aplikasi.

Manajemen Call Partisipan

Anggota baru dapat ditambahkan dalam kelompok.

Fitur Invocation

Fitur call, seperti hold, transfer, dan mute, termasuk komunikasi antara beberapa user.

Sesi Inisiasi Protokol

Sesi ini digunakan untuk menginisisasi antara beberapa user. Setiap request Session Initiation protocol (SIP) memiliki satu set header yang mendeskripsikan suat call beserta body pesan. Session Initiation protocol (SIP) adalah client-server protocol, identik dengan syntax dan semantik dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Sebuah server memproses permintaan dan mengirim jawaban ke client. Sebuah permintaan dan jawaban disebut dengan transaksi. Perangkat lunak pada sistem yag berinteraksi dengan user disebut user agent. Sebuah user agent memiliki dua komponen yaitu user agent client (UAC) dan user agent server (UAS). Terdapat tiga buah server yaitu Registration server yang menerima update lokasi user. Proxy server menerima permintaan dan meneruskan ke server lain disebut juga next-hop server. Redirect server menrima permintaan dan mendeterminasi next-hop server.

Sesi Protocol Deskripsi (Session Description Protocol)

Session Description Protocol digunakan untuk mendeskripsikan sesi multimedia, untuk telepon dan distribusi aplikasi seperti radio internet. Protokol ini memebrikan informasi antara lain:

v Media stream, merupakan suatu sesi multimedia dapat memiliki banyak stream media

v Adresses, untuk setiap stream, alamat tujuan di indikasikan

v Port, untuk setiap stream, port user datagram protocol (UDP) untuk pengiriman dan atau penerimaan diindikasikan

v Payload types, Format media dapat digunakan sebelum pesan disampaikan.

v Start and stop times, untuk sesi broadcast seperti program televise, mulai, mengakiri, dan mengulang suatu pesan yang disampaikan

v Originator, sesi ini mendeskripsikan nama dan bagaimana seseorang dapat dkontak

Sesi protocol deskripsi memberikan informasi berupa format teks sederhana.

Protokol Real Time Transport

Protokol Real Time Transport (RTP) mendukung pengangkutan media real-time seperti audio, video melalui paket jaringan atau network. Proses pengangkutan melalui pembangkitan bitstream dengan media encoder, breaking dalam paket, pengiriman paket melalui jaringan dan recoveri bitstream pada penerima. Proses ini sangat kompleks dikarenakan suatu paket dapat saja hilang, memiliki delay dlam jumlah variable dan order ulang dalam jaringan. Protokol transport harus dapat menerima dan mendeteksi kehilangan paket, juga waktu yang tepat untuk menyampaikan ke penerima untuk memperbaiki karena variabilitas suatu delay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar