Selasa, 30 Desember 2008

Webflow dukungan untuk E-Business

Webflow dukungan untuk E-Business

Webflow adalah sumberdaya yang powerful untuk melancarkan dan meningkatkan secara kontinyu proses bisnis melalui internet, mengoptimalkan tahapan proses dan mereduksi jumlah perputaran. Webflow memberikan informasi yang benar pada waktu yang tepat untuk orang-orang yang tepat dan lebih mudah dalam peningkatannya, pergantian yang cepat untuk informasi yang dibutuhkan dengan kecepatan internet sebagai proses E-Business.

Manajemen workflow adalah meningkatkan hal yang sangat penting dalam umur internet. Dalam E-Commerce misalnya, kecepatan dan fleksibilitas merupakan suatu hal yang sangat esensial, dan kelancaran suatu proses bisnis sebuah perusahaan membutuhkan untuk membuat dapat lebih menerima suatu perubahan yang terjadi. Saat ini lingkungan pekerjaan mempunyai karakteristik desentralisasi dan menggunakan infrastruktur jaringan (network). Proses bisnis seringkali merupakan cross organisasional, sistem dan media, sehingga Teknologi yang cerdas dibutuhkan untuk membuat koherensi dan konsistensi dalam segala lingkungan. Sistem management workflow memastikan bahwa setiap aturan memenuhi aturan bisnis yang telah ditetapkan setiap saat.

Management workflow dapat diimplementasikan dengan cepat dan efektif dalam cost (biaya).

Keuntungan Webflow:

  1. Peningkatan kecepatan dan efisiensi
  2. Mempertinggi kualitas proses
  3. Integrasi mudah

Webflow akan memberikan jaminan yang baik terhadap informasi, menghasilkan komunitas bisnis dan aplikasi bersama antar sistem dan melewati batas organisasi.

Sistem workflow memandu administrator mengikuti suatu proses untuk seleksi dan memberitahukan sebuah layanan yang sesuai buat partner. Item-item pekerjaan termasuk didalamnya informasi pada lokasi customer, termasuk adminitrator dapat memilih sebuah layanan perusahaan yang beroperasi dalam suatu wilayah tertentu. Dengan teknologi internet, administrator dapat menguji item-item pekerjaan secara langsung sebagai layanan perusahaan, efisien waktu dan mengeliminasi resiko terjadinya error.

Sebuah layanan perusahaan untuk akses karyawan pada item pekerjaan dapat didesain melalui interface web dan laporan melalui form maintenace. Dengan teknologi workflow karyawan untuk pengiriman berita pada teknisi ke pelanggan dapat di setup melalui pengiriman pesan dengan SMS (Short Message Service). Pesan tersebut berisi alamat pelanggan dan atau kontak person dari organisasi pelanggan sekaligus mendeskripsikan permasalahan yang dihadapinya. Ketika permasalahan yang dihadapi sudah selesai, pelanggan menerima konfimasi dan workflow akan berakhir.

Teknologi workflow memastikan efisiensi, kecepatan response dan kepuasan pelanggan.

Dukungan Webflow

  1. Manajemen lebih baik pada struktur organisasi, responsibilitas dan proses. Webflow memberikan struktur organisasi yang fleksibel dan responsibilitas. Task dikirim dengan suatu aturan, pekerjaan atau unit organisasi lebih baik dari pada individual. Sebagai gambaran jika karyawan baru masuk dalam suatu departemen atau bagian, otomatis rute dapat diadaptasi untuk perubahan secara tepat.
  2. Support yang aktif untuk end-user. Teknologi Workflow otomatis akan memonitor proses bisnis. Sehingga dapat mereduksi pekerjaan rutin dari pengetahuan pekerja, menyerahkan pada layanan pelanggan. Webflow meningkatkan pengetahuan aprosiasi bisnis tentang bagaimana suatu performa proses bisnis berjalan dengan tepat. Dengan sejarah auditing dan log (catatan peristiwa yang terekam dalam suatu database) akan membantu karyawan untuk membuat keputusan yang cerdas dengan respon yang baik untuk situasi yang kritis.
  3. Integrasi yang mudah untuk komunitas user. Webflow tidak tergantung dengan platform perangkat keras (hardware) dan sistem operasi. Webflow didukung oleh web browser, Lotus Notes, Microsoft outlook, dan perangkat lunak lain atau produk Email (electronic Mail).
  4. Mempertinggi layanan Pelanggan. Dalam sistem Workflow, informasi detail, reliabel dan up to date selalu tersedia setiap saat. Hal ini dapat membantu meningkatkan layanan pelanggan.

SAP Software Pendukung Implementasi Webflow

SAP merupakan perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan dari Luar negeri. SAP terdiri atas beberapa modul yang sepenuhnya terintegrasi dan digunakan secara individual, dengan pengorganisasian fungsi dasar yaitu keuangan, logistik, sumber daya manusia dan proses bisnis.

Untuk keuangan meliputi akuntansi keuangan, pengontrolan, manajemen aktiva tetap, permintaan interaktif. Sedangkan logistik meliputi Avaliable-to-promise, penjualan dan distribusi, perencanaan produk, manajemen bahan baku, panggilan layanan, perawatan pencegahan. Dalam kategori Sumber daya manusia meliputi penyewaan, penjadwalan pekerjaan dan pemrosesan daftar gaji. Sedangkan untuk Proses bisnis meliputi modul manajemen aliran kerja dan solusi industri. Modul ini memberikan suatu kerangka kerja untuk mengontrol semua modul aplikasi yang ada pada SAP.

Selain hal tersebut SAP juga mendukung manajemen rantai pasokan dengan sistem perencana dan pengoptimasi lanjutannya (advanced planner and optimizer), sistem pelaksanaan logistik (logistic execution system) yang memungkinkan untuk berintegrasi dengan lingkungan luar.

Dan dengan dukungan internet sebagai teknologi terkini SAP mendukung juga transaksi perdagangan elektronik (E-commerce), dan karenanya SAP menggunakan interface standar industri seperti XML (eXtensible Markup Language) untuk mendukung integrasi yang lebih baik dengan sistem luar sehingga pertukaran informasi dengan pelanggan dan penjual bersama rantai pasokan dengan sistem yang berbeda menjadi lebih baik.

(Fajar Junaedi EP, STIMIK Tunas Bangsa Banjarnegara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar